System Info

SALAH SATU CARA MELIHAT SEDIKIT KEMAMPUAN MICROPROCESSOR

Gambar 1. Beberapa jenis Microprocessor

Beberapa hal yang perlu dicermati dalam memilih Microprocessor adalah memahami beberapa bagian dari spesifikasi  Microprocessor yang dapat dilihat pada masing-masing vendor. Untuk melihat spesifikasi produk AMD, dapat dilihat di https://www.amd.com/en/products/specifications/processors , sedangkan untuk melihat spesifikasi produk Intel, dapat dilihat di https://ark.intel.com/id#@Processors.

 

Beberapa hal yang perlu diperhatikan dari spesifikasi Microprocessor tersebut diantaranya adalah :

1. Pilih produk, jenis, dan tipe dari microprocessor yang akan dilihat spesifikasinya seperti yang terlihat pada gambar 2.

  

Gambar 2. Pilihan produk, jenis dan tipe dari microprocessor

2. Setelah memilih produk yang dimaksud, hal yang penting untuk diperhatikan adalah jumlah inti (core), untaian (thread), cache memory, ukuran memory maksimal yang dapat ditangani, serta jenis memory yang mendukungnya. Hal tersebut dapat dilihat pada gambar 3.

 

Gambar 3. Spesifikasi teknis dari microprocessor

Untuk penjelasan mengenai jenis memory, dapat dilihat pada standar JEDEC yang sesuai dengan type-nya, contohnya dapat dilihat pada gambar 4 untuk jenis memory DDR3.

Gambar 4. Tabel Standar JEDEC RAM DDR3, id.wikipedia.org/wiki/DDR3_SDRAM, Sept 2018

Setelah dapat memahami beberapa spesifikasi dari informasi tersebut diatas, diharapkan pengguna dapat memilih dan menentukan Microprocessor serta besaran Memory yang diinginkan secara tepat sehingga kemampuan dari komputer yang didapat sesuai dengan harapan.

 

Leave a Reply

You can use these HTML tags

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>